Pertukaran Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan (Automatic Exchange of Information/AEI)

Pertukaran Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan (AEI) adalah standar internasional yang mengatur bagaimana otoritas pajak negara peserta bertukar informasi yang berkaitan dengan hubungan perbankan luar negeri wajib pajak. Standar AEI telah dikembangkan dan diterbitkan oleh Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organization for Economic Cooperation and Development/OECD).

Standar AEI akan diterapkan oleh semua negara dengan ekonomi besar di dunia; sekitar 100 negara telah berkomitmen untuk menerapkan standar tersebut. Negara-negara peserta akan menandatangani perjanjian bilateral dan memberlakukan undang-undang domestik. «Negara-Negara Peserta Awal», seperti Uni Eropa, menerapkan AEI pada tanggal 1 Januari 2016 dan mulai bertukar informasi pada tahun 2017. Negara berikutnya, seperti Swiss, menerapkan Standar AEI per 1 Januari 2017 dan melakukan pertukaran informasi pertama pada tahun 2018. Lebih banyak negara diperkirakan akan menyusul.

Standar AEI membutuhkan lembaga keuangan, seperti Orbis Consulting AG di Zurich/Swiss dan Orbis Consulting Trust Establishment di Vaduz/Kepangeranan Liechtenstein, untuk mengidentifikasi semua klien yang merupakan wajib pajak di yurisdiksi lain yang berpartisipasi. Hal ini juga berlaku untuk orang-orang yang mengendalikan klien entitas tertentu. Setelah orang yang dapat dilaporkan tersebut berhasil diidentifikasi, Orbis Consulting akan setiap tahun melaporkan informasi yang relevan kepada Administrasi Pajak Federal (Federal Tax Administration/FTA) Swiss, atau jika berada di Liechtenstein, akan dilaporkan kepada otoritas pajak di Kepangeranan Liechtenstein yang akan meneruskan data tersebut ke otoritas pajak dari yurisdiksi tempat orang yang dilaporkan bertempat tinggal untuk keperluan perpajakan.

Anda dapat menemukan negara mitra AEOI Swiss di tautan berikut:

https://www.sif.admin.ch/sif/de/home/multilateral/steuer_informationsaust/automatischer-informationsaustausch/automatischer-informationsaustausch1.html

Di tautan berikut, Anda akan menemukan negara mitra AIA dari Kepangeranan Liechtenstein:

https://www.gesetze.li/konso/2015358000

Orbis Consulting AG

Beethovenstrasse 20

8002 Zürich

Switzerland

 

Orbis Advisory Pte Ltd.

corporate services only

8 Temasek Boulevard

#32-01 Suntec Tower 3

Singapore 038988

 

Orbis Consulting Trust Establishment

Kirchstrasse 79

9490 Vaduz

Liechtenstein

 

© Orbis Consulting